• Breaking News

    Kamis, 01 November 2012

    Waspadai Virus Mematikan Sejak Dini

    Siapa pun orangnya, tentu tidak ingin tubuhnya terjangkiti virus mematikan yang mendatangkan penderitaan dalam hidup, lebih-lebih jika virus mematikan tersebut didapati setelah sebelumnya kita merasa keadaan tubuh sehat dan normal-nolmal saja. Nah, jika demikian halnya, maka ketika virus tersebut sudah menggerogoti tubuh hingga pada titik akut, barulah kita akan menyesali mengapa penyakit tersebut tidak sedari dari awal kita mengetahuinya.

    Agar kita dapat mengetahui sejak dini keberadaan virus mematikan seperti jenis Virus kanker serviks, maka perlu kiranya bagi setiap orang untuk memiliki pengetahuan tentang virus tersebut.
    Berawal dari ide tersebut, Kepala SMA Hidayatus Salam Lowayu Dukun Gresik, Misbachul Munir, menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik membuat kegiatan bersama dengan tujuan membekali para muridnya dengan pengetahuan dasar kanker serviks atau yang biasa disebut Kanker Leher Rahim.

    Acara yang dihelat di Musholla Padange Ati SMA Hidayatus Salam itu tidak hanya diikuti oleh para siswi saja, tetapi juga para ibu wali murid yang menaruh perhatian dengan jenis penyakit pembunuh nomor wahid bagi kaum hawa ini.
    “Virus kanker serviks ini sangat mematikan, repotnya lagi, gejala awal terjangkitnya virus ini tidak dapat terdeteksi, baru dapat diketahui ketika sudah pada stadium lanjut,” kata Misbach.

    Menurutnya, banyak faktor yang memicu terjangkitnya virus ini, diantaranya hubungan intim yang tidak sehat, kesalahan perawatan organ reproduksi dan faktor genetik. Lebih lanjut beliau menjelaskan, hubungan intim yang tidak sehat itu seperti bergonta-ganti pasangan atau melakukan hubungan tidak melalui organ sexual  yang semestinya. Kesalahan perawatan organ reproduksi bisa jadi salah memilih jenis pembalut, memilih bahan celana dalam yang tidak dapat menyerap keringat atau penggunaan pembersih organ intim yang berlebihan. Faktor genetik dimaksudkan adalah keluarga yang menderita kanker jenis apapun, seperti kanker payu dara, kanker otak, kanker darah atau jeni kanker lain memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi bagi keluarga yang lain untuk terjangkit virus kanker serviks ini.

    Mufidatul Ummah, siswi kelas XII, ketika ditanya pendapatnya setelah mengikuti acara tersebut menyampaikan, bahwa acara ini sangat penting. Sebab dengan acara ini banyak informasi yang dapat diperoleh untuk sedapatnya berhati-hati dan membiasakan diri berprilaku sehat.
    “Kami bersyukur dapat mengikuti acara seperti ini, walaupun baru sebagian ibu-ibu wali murid yang dapat ikut karena keterbatasan tempat. Kedepan kita berharap terus dilakukan sosialisasi oleh pihak terkait karena menyadari pentingnya informasi ini” demikian kata Titin Suhailah Ketua Paguyuban Wali Murid setelah mengikuti acara.
    Acara ini selain diharapkan penyampaikan informasi dan keilmuan, juga sebagai bentuk kepedulian sosial SMA Hidayatus Salam kepada masyarakat sekitar. Pada tahun sebelumnya (2011) kepedulian sosial SMA Hidayatus Salam diwujudkan dalam pengobatan gratis untuk 250 pasien miskin yang bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Demikian dikatakan oleh Ahmad Misbahul Abidin, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah yang beberapa hari ini sedang melakukan uji coba pemancar FM Radio di gelombang 107,9 MHz sebagai media pembelajaran.(Bondet/Gresik Gress)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel