• Breaking News

    Jumat, 12 Oktober 2012

    Sedekah Bumi, Tradisi Peninggalan Leluhur

    Sebagai negeri yang memiliki keragaman budaya, masyarakat Indonesia memiliki banyak cara untuk mennunjukkan rasa syukur nya. salah satunya adalah dengan cara sedekah bumi. 
    Sedekah Bumi adalah tradisi Peninggalan leluhur yang sudah berabad-abad lamanya mewarnai kehidupan masyarakat nusantara. Kegiatan yang bertujuan sebagai bentuk Syukur warga kepada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan kenikmatan berupa hasil panen, kesehatan dan kesejahteraan yang telah diberikan tersebut hingga kini masih terus dilestarikan.
    Seperti yang dilakukan warga di desa Sumari Kecamatan Duduk Sampean Kabupaten Gresik Jawa Timur yang dalam setahun sekali selalu melakukan Sedekah Bumi. 
    biasanya, Sedekah bumi dilakukan dengan membawa berbagai macam hasil bumi seperti aneka buah-buahan dan masakan khas pesisir berbahan ikan bandeng serta patung miniatur sapi, kerbau dan gentong terbuat dari kertas, ribuan warga yang terdiri dari segala usia  tersebut berbaur melakukan arak-arakan mengelilingi desanya yang terdiri dari tiga dusun, yaitu dusun Sumari, Njetek dan  Brakung. Selain melakukan sedekah bumi sebagai bentuk syukur, ribuan warga desa yang kebanyakan sehari-harinya bekerja sebagai petani dan petambak tersebut juga melakukan do'a bersama meminta agar selalu diberikan keberkahan dalam hidupnya. Kepala Desa Sumari, Misbachul Munir, mengatakan, kegiatan sedekah bumi didesanya adalah sebagai bentuk syukur kepada tuhan dan tiap tahun selalu dilakukan.
    "Karena itu sudah menjadi tradisi sejak turun temurun bagi warga desa kami,"katanya. 
    Untuk kegiatan sedekah bumi, lanjutnya, biasanya dilakukan seusai masyarakat memanen hasil ratusan hektar sawah dan tambak nya.
    Camat Duduk Sampean Habibullah, mengatakan, Sedekah Bumi di desa Sumari adalah salah satu diantara banyaknya tradisi nusantara yang harus dipertahankan."karena mengandung nilai-nilai kekerabatan yang tinggi sehingga seluruh elemen warga dapat bahu-membahu dan bergotong royong mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.(Gresik Gress)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel