• Breaking News

    Selasa, 18 Desember 2012

    Semen Gresik Resmi Akuisisi Thang Long Cement Vietnam

     PT. Semen Gresik (persero)Tbk resmi mengambil alih /  mengakuisisi Thang Long Cement Vietnam setelah persyaratan yang diatur dalam Perjanjian jual beli bersyarat resmi ditandatangani di Vietnam.

    Akuisisi yang secara resmi terjadi pada kemarin (18/12) itu sendiri merupakan tindak lanjut penandatanganan  Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) tanggal 14 November 2012 di Jakarta, antara PT Semen Gresik (Persero) Tbk ("SMGR") dengan Ha Noi General  Export-Import Joint Stock Company ("Geleximco"). 

    Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soetjipto mengatakan, SMGR telah memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat, dan telah berhasil mencapai kesepakatan pengambilalihan Thang Long Cement Joint Stock  Company ("TLCC").
    "Nilai transaksi berkisar 157 juta US dolar untuk pengambilalihan 70 % saham TLCC dari Geleximco. Setelah pengambilalihan ini, TLCC menjadi anak perusahaan SMGR dan laporan keuangan akan dikonsolidasikan ke SMGR,"kata Dwi.

    Dikatakan Dwi, dalam beberapa minggu ke depan, SMGR akan menempatkan wakil - wakilnya yang mengisi posisi “Board of manajemen dan Direktur di TLCC”.
    TLCC adalah salah satu produsen semen terkemuka di Vietnam dengan total kapasitas produksi sebesar 2,3 juta ton semen per tahun berlokasi di Provinsi Quang Ninh.Dengan pabrik penggilingan yang terletak di pinggiran kota Ho Chi Minh dan memiliki cadangan deposit batu kapur sekitar 76 juta ton. 

    Dekatnya jarak antara pabrik semen TLCC di Quang Ninh dengan pelabuhan laut Cai-Lan dan pabrik penggilingan ke jalur transportasi sungai Delta Mekong, serta jalan raya antar-daerah dan pelabuhan internasional, menjadikan sistem distribusi akan efektif dan efisien. 

    Selain itu, TLCC memiliki potensi untuk mengembangkan dua pabrik semen baru di provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc, dengan didukung deposit batu kapur lebih dari 200 juta ton. Hal tersebut akan membuka peluang untuk memenuhi permintaan pasar domestik yang terus meningkat di Vietnam serta memiliki kesempatan untuk memenuhi kekurangan pasokan di pasar Indonesia.
    Pengambilalihan TLCC merupakan tonggak sejarah strategis yang sangat penting dalam mewujudkan visi SMGR untuk menjadi produsen semen terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Hal ini juga akan meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam.
    "Ada banyak hal yang harus dilakukan, tapi manajemen optimis bahwa pengambilalihan ini bisa mempercepat pertumbuhan bisnis SMGR untuk lebih kompetitif yang pada akhirnya memberikan value yang lebih besar bagi pemegang saham untuk jangka panjang," kata Dwi Soetjipto, Direktur Utama SMGR.
    JP Morgan (SEA) Ltd bertindak sebagai penasihat keuangan untuk SMGR dan An Binh Fund Manajement Company ("ABF") sebagai penasihat keuangan untuk Geleximco. Melli Darsa & Co dan YKVN bertindak sebagai penasehat hukum untuk SMGR dan Vision & Associates sebagai penasihat hukum bagi Geleximco.
    Tentang Semen Gresik
    Didirikan pada tahun 1957, SMGR merupakan perusahaan penghasil semen terbesar di Indonesia dengan menguasai lebih dari 40% pangsa pasar semen domestik. Dengan telah beroperasinya pabrik Tuban IV di pertengahan 2012, kapasitas terpasang SMGR saat ini tercatat  23 juta ton semen per tahun. Dengan beroperasinya Pabrik Tonasa V di akhir tahun 2012, maka kapasitas terpasang SMGR menjadi 26 juta ton semen per tahun di tahun 2013. Dan dengan pengambilalihan TLCC ini menjadikan kapasitas terpasang SMGR di atas 28 juta ton semen di tahun 2013.
    Per tanggal 11 Desember 2012, SMGR merupakan salah satu dari sepuluh  perusahaan publik papan atas yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nilai kapitalisasi pasar lebih dari US$ 9 milyar. Memiliki tenaga kerja lebih dari 5.400 orang karyawan, SMGR mengoperasikan 8 pelabuhan khusus, 19 unit packing plants, dan didukung oleh lebih dari 350 distributor di seluruh provinsi di Indonesia.
    Tentang  Geleximco
    Didirikan pada tahun 1993, Geleximco telah berkembang menjadi salah satu perusahaan investasi ternama di Vietnam. Geleximco memiliki tenaga kerja 6000 orang karyawan, 5 cabang, 20 anggota perusahaan, dan 10 perusahaan Join Venture di seluruh Vietnam. Portofolio investasi Geleximco fokus pada industri yang penting di bidang ekonomi termasuk industri semen, perbankan, real estate, infrastruktur, listrik, teknologi dan kertas. Perusahaan ini juga merupakan pemegang saham strategis perusahaan Vietnam terkemuka, antara lain An Binh Commercial JSC, An Binh Securities JSC, An Binh Fund Management Company, Thang Long Cement JSC, An Hoa Paper JSC, Thang Long Cement JSC, An Hoa Paper JSC, Thang Long Thermal JSC, CMC Technology Group & Vietnamairline Insurance JSC (VNI). (Ika AF Hidayat/gresikgress)
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    1) Angka perkiraan, angka sebenarnya dapat berbeda tergantung pada hasil audit pada tanggal pengambilalihan, yang akan diselesaikan pada awal Januari 2013. Angka tersebut merupakan 70% dari nilai equitas. Perkiraan hutang bersih (termasuk penyesuaian item setara hutang dan modal kerja) pada  hari penutupan yang berkisar 111 juta US$.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel