• Breaking News

    Selasa, 27 November 2012

    Krisis BBM Di Jawa Timur Berakhir Hari Ini

    Peristiwa Krisis BBM di Gresik dan sekitarnya kemungkinan akan berakhir hari ini.  Hal ini  disampaikan General Manajer PT Pertamina Unit Pemasaran V Jatim, Afandi, Selasa. ”Minggu kemarin, pemerintah sudah memberhentikan kebijakan pengendalian BBM, sejak saat itu distribusi kembali dijalankan ke 1.100 SPBU se-wilayah Jawa-Bali-Nusra sesuai kebutuhan,” .
    Akibat pengendalian BBm bersubsidi ini, terjadi krisis di sejumlah tempat di Jawa Timr termasuk di Kabipaten Gresik yang hampir semua SPBUnya kehabisan stok. Jika masih ada laporan SPBU yang masih terdapat antrean panjang dan krisis BBM , hal itu dimungkinkan hanya masalah teknis distribusi saja. Dia memastikan tidak akan memakan waktu lama. ”Dalam hitungan jam, hari ini stok BBM subsidi akan kembali normal,” jelasnya.
    Pengendalian BBM bersubsidi ini sebenarnya dimaksudnya untuk menghentikan jebolnya anggaran subsidi BBM. Bila tidak dibatasi penggunaannya, diperhitungkan kuota untuk Jatim jenis premium akan habis pada 18 Desember, sedangkan solar pada 15 Desember 2012. BBM bersubsidi jenis premium bagi Jatim selama 2012 sebanyak 3,79 juta kiloliter (kl) dan solar 1,98 juta kl
    Sebagai gambaran, hingga akhir Oktober lalu, konsumsi BBM bersubsidi di Jatim untuk jenis premium kuotanya 3,1 juta kl, namun realisasi 3,24 juta kl. Sedangkan konsumsi solar 1,65 juta kl, realisasinya 1,722 juta kl.
    Pengendalian BBM bersubsidi sebanyak 28 persen dari pasokan normal, lanjut Afandi, selain sebagai upaya menjaga kuota hingga akhir tahun nanti, juga untuk mengalihkan masyarakat mampu agar mengonsumsi BBM nonsubsidi. ”Tapi upaya itu sepertinya kurang maksimal, karena masyarakat yang mampu ternyata juga ikut antre BBM subsidi,” pungkasnya.
    Mengetahui kebijakannya tidak efektif, Pertamina dan pemerintah kembali menormalkan pasokan BBM untuk menghindari krisis BBM. Sebab abanyaknya aduan dari masyarakat perihal langkanya BBM subsidi di pasarn. (kompas/LI/Merdeka/Gresik.co, editor:anang)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel