• Breaking News

    Minggu, 06 Januari 2013

    Bengawan Solo Meluap, Puluhan Rumah Warga Terancam Hanyut

    Puluhan rumah warga di bantaran sungai bengawan solo di Gresik Jawa Timur terancam hanyut terbawa aliran deras air sungai Bengawan Solo yang meluap. Masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan bibir sungai khawatir, lantaran debit air bengawan solo terus meningkat dan menggerus bantaran sungai di sepanjang rumah mereka. 

    Sedikitnya 14 rumah warga di Desa Tirem Enggal Kecamatan Dukun Gresik berada tepat di bibir Sungai Bengawan Solo yang kondisi airnya terus meningkat tajam.


    Alimin, salah satu warga mengaku takut dan khawatir, karena kondisi air Bengawan Solo terus mengalami peningkatan meski keadaan ini sudah biasa terjadi setiap tahunnya.

    “Kami tidak bisa berbuat banyak lantaran tidak punya biaya untuk merelokasi rumah ke tempat yang lebih aman,”ucap Alimin. 

    Kondisi Banjir di Kabupaten Gresik
    Warga di sekitar bantaran sungai ini terus dihantui rasa takut. Sebab, intensitas hujan di Gresik cukup tinggi. Ditambah air kiriman dari huluseperti dari Kabupaten Lamongan, Tuban dan Bojonegoro yang sudah memasuki siaga II

    Dari pantauan dilapangan, air Sungai Bengawan Solo ini sudah meluap hingga masuk ke halaman pemukiman warga. Meski belum masuk ke rumah, warga selalu siaga untuk mengantisipasi meluapnya sungai hingga merendam rumah mereka.

    Warga juga khawatir jika rumah mereka hanyut terbawa derasnya aliran sungai, karena semakin hari tanah terus terkikis akibat air bengawan solo yang meningkat.

    Mereka hanya bisa berharap, Pemerintah Kabupaten Gresik segera merelokasi rumah mereka  agar tidak selalu dihantu rasa takut apabila rumah mereka hanyut terbawa arus sungai.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel