• Breaking News

    Minggu, 14 Oktober 2012

    Terong Disulap Jadi Es Krim Segar Menyegatkan

    Terong, adalah salah satu jenis sayur mayur yang biasa di konsumsi masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan sehingga cukup di kenal masyarakat luas. Namun, tahukah Anda, jika terong ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai sayur mayur pelengkap menu makanan, tetapi juga bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan  yang enak dan menyehatkan, termasuk menjadi bahan utama es krim. 
    untuk membuat  terong  menjadi es krim sangat mudah caranya, pertama-tama, terong di harus kupas dan dipotong kecil - kecil, lalu di rendam dengan air kapur selama 1 jam, agar struktur dagingnya lebih kenyal dan mudah dihaluskan. Setelah itu, potongan terong tersebut di rebus hingga matang.

    Setelah potongan terong direbus hingga matang, Proses selanjutnya, potongan terong di haluskan menggunakan mixer atau alat sejenisnya lalu di campur kuning telur, susu, white cream dan gula pasir. Campuran ini kemudian di aduk lagi hingga merata. setelah itu, Adonan es krim kemudian di masukkan ke dalam wadah dan di dinginkan di lemari es agar terasa segar. Es krim terong pun siap di santap dan disajikan.
    Dari rasanya, Es krim terong, memiliki citarasa khas, yakni manis bercampur sedikit rasa getir , yang mampu menghilangkan rasa haus.

    Mengolah terong menjadi es krim merupakan pilihan yang menguntungkan, sebab harganya cukup murah, yakni hanya 2000 Rupiah perpotong, jauh lebih murah dari harga es krim pada umumnya yang mencapai 4000 Rupiah.
    Di samping itu, es krim terong memiliki banyak khasiat di antara lain, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker, hipertensi dan lain sebagainya.
    Sejumlah ibu rumah tangga di desa Sido Jangkung Kecamatan Menganti kabupaten Gresik Jawa Timur, terbukti sukses memproduksi es krim berbahan terong ungu. Bahkan, Es krim terong produksi mereka kini sering di jadikan sebagai salah satu hidangan spesial pada berbagai acara di Gresik.
    Menurut Diah Prasasti Saptorini,salah satu warga pembuat ice cream terong, ide pemanfaatan terong menjadi aneka camilan ini berawal dari melimpahnya hasil panen terong di wilayahnya saat musim penghujan, yang berdampak pada harga jualnya yang sangat murah. Dengan di olah menjadi berbagai aneka camilan, mampu meningkatkan penghasilan ibu-ibu rumah tangga di desanya.

    “Dengan inovasi ini, kami bisa meningkatkan harga jual terong yang saat musim panen sangat murah”, ujar Diah Prasasti Saptorini, penggagas camilan terong.

    Selama hampir 1 tahun berjalan, aneka camilan terong ini mulai di kenal masyarakat dan kini menjadi ikon tersendiri di kota gresik. Tanpa kenal lelah, ibu-ibu rumah tangga ini, terus memperkenalkan produknya dengan mengikuti berbagai pameran hingga memenangkan penghargaan tingkatkan Propinsi Jawa Timur.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel