• Breaking News

    Rabu, 24 Oktober 2012

    Bebek Lepas Tulang, Sensasi Pedasnya Bangkitkan Selera

    Bebek Lepas Tulang, satu diantara banyaknya kuliner khas  kota santri Gresik yang disuka  karena sensasi kelezatannya dapat membangkitkan selera. Jika dikunyah, Daging bebek tersebut terasa gurih dan empuk.  Apalagi ketika dipadu dengan sambal rempah-rempahnya yang pedas, wuih.. membuat ketagihan para pecinta kuliner bung.

    Hidangan spesial Bebek Lepas tulang ini, hanya bisa dijumpai di sebuah warung depot yang terletak di jalan raya Gubernur Suryo, Kelurahan Telogo Pojok Kecamatan Kota Gresik, Kabupaten Gresik yang telah berdiri sejak tahun 1990.


    Pecinta kuliner benar-benar dimanjakan di warung ini, sebab selain empuk dan tekstur dagingnya kesat, juga tidak perlu memisahkan daging dengan tulangnya. Cukup mudah dan nikmat bukan.

    Hidangan khas ini, tidak hanya cocok disantap pada siang hari saja, tetapi pada malam hari pun cukup terasa aroma kelezatannya, karena dimasak dengan rempah-rempah dan dilengkapi dengan sambal yang cukup pedas.

    Siti Zubaidah, salah satu pelanggan, mengatakan, menu Bebek Lepas Tulang dagingnya cukup empuk, ditambah sambalnya yang cukup pedas, sehingga membuat dirinya ketagihan untuk selalu mencicipi sensasi kelezatannya.



    "Jika sedang pergi ke Kota Gresik, saya selalu ketagihan untuk mencicipi dagingnya yang empuk dan sambal pedasnya menggugah selera," Kata Alumnus Terbaik Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.


    Zubaidah mengaku, selain disantap langsung di tempat, biasanya dirinya juga memesan beberapa porsi menu Bebek Lepas Tulang untuk dibawa oleh-oleh keluarga dirumah.

    Hal Senada  juga diungkapkan Siti Islahiah, warga desa Manyarejo Kecamatan manyar gresik. Islahiah bahkan harus rela antri cukup lama  untuk dapat merasakan hidangan Bebek Lepas Tulang. baginya, menikmati hidangan super lezat tersebut merupakan hobinya sejak masih duduk di bangku SMA dulu.


    "meski harus antri, saya rela demi dapat menikmati Bebek lepas Tulang,"Ucapnya sambil tersenyum.

    Sementara itu, Muslim, Pria 65 tahun pemilik warung Bebek Lepas Tulang, mengatakan, dirinya hanya memilih bebek yang telah berusia tiga tahun agar dagingnya berasa lebih empuk dan teksturnya lembut.


    "Agar memiliki cita rasa yang khas dan nikmat, Sambal bebeknya  dibuat secara khusus menggunakan bumbu cabe, bawang merah, bawang putih dan juga rempah-rempah komplit yang disangrai selama hampir enam jam,"jelas Muslim.


    Dikatakan Muslim, proses pengolahan Lepas Tulang hampir sama dengan bebek goreng pada umumnya.


    "Pertama-tama, daging bebek terlebih dahulu dimasak selama hampir dua jam dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah komplit yang sudah disiapkan,"imbuhnya.

    Setelah daging dimasak dan bumbu meresap ke dalam daging, dilanjutkan dengan proses pelepasan tulangnya.


    "sebelum dihidangkan, terlebih dahulu daging bebek di goreng dengan campuran bumbu kunyit,"ungkap Muslim menuturkan resep rahasianya.

    Bagi anda para pecinta kuliner yang berkunjung ke Kota Gresik, dapat merasakan sensasi kelezatannya, cukup dengan mengeluarkan uang sebesar 15 ribu rupiah tiap porsinya. (Agis/Gresik Gress)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel