• Breaking News

    Selasa, 23 Oktober 2012

    Asyiknya Cari Ikan di Telaga Kering

    Bagi sebagian orang, mencari ikan di sungai, telaga ataupun waduk yang sudah mengering tentu merupakan hobi tersendiri. Bagaimana tidak dikatakan hobi, jika berburu ikan di tempat-tampat yang telah mengering tersebut tentu cukup memakan energi dan waktu, terlebih jika cuaca Panas menyengat membuat telaga atau sungai yang biasanya dipakai warga sekitar untuk mandi kini keadaannya telah mengering total. Apa enaknya ?

    Eit, jangan heran, bagi warga di sekitar telaga Lengis Kecamatan Kebomas kabupaten Gresik, mencari ikan di kubangan telaga yang telah mengering menjadi kesibukan dan hobi tersendiri lho. mereka rela berpanas - panasan dibawah terik matahari hanya sekedar untuk mencari ikan.

    Mengeringnya telaga ini dimanfaatkan warga sekitar untuk beramai-ramai menangkap ikan yang banyak menggelepar diatas kubangan air.

    Seperti yang dilakukan oleh Darmadji warga Mlirip kecamatan Singgahan Tuban yang kini mengekos di Lengis. Darmadji yang bekerja di pabrik Prambangan Gresik ini menangkapi ikan bersama rekan-rekannya. "Kami mendapati banyak ikan mulai dari kutuk dan mujaer. Tidak usah memancing atau mengail. Cukup dengan masuk ke kubangan air kita tinggal panen ikan," katanya sambil menunjukkan ikan kutuk selengan dirinya.

    Darmadji mengaku mengambil di telaga Lengis ini karena iseng. "Hari ini saya libur kerja, jadi mulai pagi beramai-ramai mencari ikan dengan rekan yang lain. Kasihan ikan-ikan tersebut daripada mati kita ambil untuk dimasak," ujarnya sambil memasukkan ikan yang berhasil dipungutnya ke ember besar yang dibawanya.

    Darmadji pun rela berbagi, setelah mengambil banyak ikan kemudian ia membagikannya. "Ya dibagikan ke tetangga. Buat apa ikan sebanyak ini saya makan sendiri. Lebih baik saya bagikan. Tidak saya jual kok ikan ini," sahutnya sambil menyedot rokoknya dalam-dalam.

    Senada dengan Darmadji, rekannya yang bernama Sucipto warga Kalitidu Bojonegoro juga merasakan nikmatnya berburu ikan. "Memandang sisi positif dari belum turunnya hujan. Ikan-ikan ini akan selalu ada setiap tahunnya, tidak pernah kekurangan ikan," jelasnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel